Asus ROG Flow X16: The Ultimate Gaming Laptop with Unmatched Performance and Portability

Asus rog flow x16. Foto : gulfbusiness.com

Asus baru aja ngirimin seperangkat laptop gaming yang spesial ya, dari harganya aja udah spesial, kayak kotak ini misalnya, nilainya 35 juta, terus 2 kotak ini masing-masing nilainya 25 juta. Ya jadi, totalnya 25 25 35 85 juta, buat seperangkat, sepaket laptop gaming ya, apa aja isinya? Mari kita buka, kita mulai dari yang 35 juta dulu. Jadi di dalam sini sudah ada ROG Flow X16. Ini laptop gaming yang kalau saya lihat-lihat review orang lain, lihat-lihat speknya, lihat-lihat websitenya, ini kayak laptop yang menang banyak gitu ya biasanya laptop gaming kan berat, terus dia tebal, sama desainnya juga nantang banget kayak pingin cari perhatian banget, tapi dari Flow X16 ini, dia bagian depannya kelihatan polos aja. Bahkan logo ROG yang biasanya mencolok mata, yang mengkilat-mengkilat di bagian sini atau emboss yang lumayan gede di bagian sini, dihilangkan oleh Asus ya, cuma ada garis-garis doang, sama ada sedikit emblem aja, kecil aja. 

Dia ada logo ROG-nya biar ada identitasnya lah ya. Kayak kartu nama, bukan kartu nama, kayak tag nama di sekolahan gitu jadi, atau kantoran PNS atau kantoran satpam atau apa gitu, ada sedikit tag namanya. Dari dimensinya juga ini bisa dibilang tipis sih buat sebuah laptop gaming, dia nggak sampai 2 cm ya, mau bagian paling tebalnya pun nggak sampai 2 cm. Sama bobotnya juga dia dari tadi saya pegang, ini berasa enteng sih buat sebuah laptop gaming.

Asus rog flow x16. Foto : gulfbusiness.com

Biasanya kan laptop gaming itu normalnya 2,4 kg, 2,6 kg, bahkan yang monster banget bisa 3 kg tapi ini coba kita pastiin harusnya sekitar 2 kg doang. Yup, dia 2,087 2,086 kg jadi sekitar 2 kg lebih dikit aja. Saya penasaran sih sama performa dari laptop ini soalnya waktu itu kita pernah nyobain beberapa laptop gaming yang tipis kayak gini juga yang enteng kayak gini juga, tapi performanya lumayan ketahan ya kayak misalnya kalau kita looping benchmark berkali-kali dia bakal ke throttling, terus suhunya juga lumayan panas, karena nggak bisa menang banyak cuma saya penasaran sama laptop ini karena banyak yang bilang, laptop ini susah dicari kurangnya, kita coba lihat aja. Kalau dari desainnya, dia sih standar-standar aja ya, polos aja, keyboardnya juga RGB 1 zona doang jadi nggak bisa kayak rainbow-rainbow gimana gitu. Kalau dari speknya sendiri ini juga nggak nanggung ya, percuma kalau body tipis enteng tapi spek ditahan-tahan gitu ngapain kan, itu mending beli Ultrabook aja tapi di sini dia pakai Ryzen 9 6900HS, memang bukan yang paling tinggi yang seri HX punya, tapi HS itu sudah benar-benar kencang dan dia pakai NVIDIA GEFORCE RTX 3060 juga. Ada yang 3050 Ti sama ada yang 3070, cuma kita ambil yang tengah-tengahnya aja. Ini harganya 35 dan sekarang kita coba hidupin deh, dari trackpad biasa aja, nggak ada logo yang macem-macem. Ini layarnya cakep sih, dia bezel nya tipis banget dari atas kanan kiri terus di bagian bawah dia berasa tipis terus resolusinya juga tinggi, 2560 x 1600, rasionya dia 16 : 10 jadi lumayan tinggi ya. Apalagi, laptop gaming 165Hz udah pasti, response time 3ms terus, oh, yang bukan laptop gaming banget sih, dia color akurasinya udah cakep, color gamutnya 100% sRGB sama DCI-IP3 jadi buat desain oke banget. Oh iya, yang bikin orang bilang kalau laptop gaming ini menang banyak bahkan terlalu apa namanya maruk ya, maruk, pingin semua, terlalu maruk, dia bisa dijadiin sebagai laptop convertible doang. 

Asus rog flow x16. Foto : gulfbusiness.com

Biasanya laptop-laptop yang kayak ginian bisa kita temuin di laptop ultrabook, laptop kantoran yang enteng, yang hemat daya, yang kalau orang jualan gitu biasanya buat bilang ya nanti bisa presentasi ke klien kayak gini nih cuma, laptop gaming ngapain gitu. Ya mungkin orang bisa main hand-held kayak gini sih pakai stik terus mainnya dari jarak yang agak jauh itu bisa sih dan air flow-nya juga lebih enak langsung tembak ke atas cakep juga. Dan yang namanya convertible udah pasti dia bisa touch screen ya, makanya laptop gaming punya layar touchscreen rasanya agak kurang berguna gitu, cuma why not? Sekarang kita tinggal buktiin satu bagian yang paling dicari dari laptop gaming, performanya. Soalnya agak percuma kan kalau misalnya prosesornya si Ryzen 9 6900HS tapi dia nggak stabil. Sudah dipakai berapa lama tapi nurun kan percuma juga, percuma 8 Core 16-thread nya, kita buktiin aja. 

Sekarang kita coba benchmark Cinebench-nya dulu. Di sini, karena dia bisa touch screen sama bisa 2 in 1, kita pakai mode kayak gini aja. Mungkin kalau dilihat dari penampilannya nggak kayak laptop gaming gitu ya, kayak laptop kantoran gitu. Biasa kan laptop kantoran buat pamer, presentasi atau apa, tapi nggak, ini buat nge-benchmark. Coba kita dari multi core dulu terus nanti kita coba single core-nya. Multi core sih pasti cepat ya, kalau ryzen 9 yang 6900 ya tunggu bentar doang. Sip 13.486, kalau dibandingin sama Ryzen Threadripper, ini bedanya sekitar 20%. 

Kalau di bawahnya ini i9 gen 9, kalau gen 9 mah nggak usah dibandingin, ini sudah pasti ini. Ya kalau single core dia lambat sekali sih, mau desktop juga pasti lambat ya karena cuma pakai 1 core aja, 8 Core 16-thread nya nggak kepakai sih, ya itu yang tadi. Kalau ngelihat skor ini 13.000 dan single core 1500, ini nggak ada penurunan yang jauh-jauh banget, ini sudah sesuai sama standar si Ryzen 6900HS. Ini, saya penting buat ngecek ini karena biasanya laptop tipis ada beberapa kasus kemarin misalnya kayak laptop Huawei gitu, memang chipnya kencang tapi pas dimasukin ke laptop yang tipis, dia nurun performanya, kayak ke-kompensasi sama bentuk gitu lah, tapi untungnya ini nggak. 

Ini saya barusan ngetes Cinebench sampai 10 kali run, buat ngeliat kestabilannya, yang lucunya justru score paling pertama tadi, yang kita balikin biar anginnya naik ke atas, itu skornya paling kecil. Tadi 13.600-an kan, tapi habis itu selama 10 kali, skornya 14.000-an semua. Ini 14.053, ini paling tingginya dapet 14.300-an jadi, tipis-tipis dia tetap stabil sama nggak berasa panas juga sih, nggak kayak bikin tangan melepuh atau gimana gitu, ini masih enak banget, hangat. Sekarang waktunya benchmark game, seperti biasa kita pakai Shadow of the Tomb Raider, ini di settingan yang highest, terus Ray Tracing nya kita medium-in, DLSS balance, resolusi maksimal, di 2560 x 1600, kita coba lihat aja. 

Ini sih kelihatannya lumayan meyakinkan bisa dapat 60-an FPS, 3060. Buset, ini beneran 81? Ini padahal laptop nya tipis, lagi-lagi harus saya ingetin, itu spesialnya laptop ini, dia tipis tapi performanya bisa ngasih 81 FPS di resolusi maksimal sama RTX nya medium, Ray Tracing nya medium walaupun ada DLSS sih, tapi tetep aja ini cakep sih buat laptop tipis. Ya ini saya ada tes tanpa DLSS, saya matiin, nggak ada bantuan software, dia bisa dapet 65 di resolusi paling tinggi, di setting paling tinggi, ada Ray Tracing juga, medium, sudah cukup banget sih buat gamet Triple A jadi, kok rasanya jadi males unboxing yang 25 juta 25 juta tadi ya, soalnya *Tertawa*, itu buat bikin si laptopnya jadi lebih kencang lagi tapi ini… Yaudah, sudah dikirimin mahal-mahal kita unboxing, bentar. 

Jadi sebenarnya 2 kotak ini, isinya itu kayak senjata rahasia khusus ROG ya. Ada ROG X13, terus ada ROG Z13, sama yang X16 ini juga bisa pakai, ini namanya ROG XG Mobile jadi, dia berasa kayak GPU external tambahan buat nambahin performa si laptop. Ini belinya terpisah, satu nya 25 juta kurang lebih kalau saya cek di Tokopedia dan ini berasa kayak tambahin GPU external beneran gitu. Ini serinya yang tinggi lagi kan yang 6850 XT. Itu, kita coba tambahin dulu aja ya. NVIDIA 360 bawaan sebenarnya sudah kencang tapi, yaudah lah, sudah dikirimin, mubazir. Jadi kita tinggal konekin aja konektor XG Mobile ini ke si laptopnya. Kalau ini ada power sendiri jadi memang se-serem itu, si GPU external. Kita tinggal colok, dia bakal hidup, terus kita lock, dan dia ada notifnya: “Activate the ROG XG Mobile”. Ini GPU-nya meraung-raung ya, dia berisik banget tapi laptopnya tenang banget. Tadi kalau nggak pakai XG Mobile ini, laptopnya yang berisik. Sekarang semuanya dipindahin bebannya ke GPU external dan kita coba lihat. Dan sekarang kita mendapatkan 81 *Tertawa*, buset dapet 81 juga. Ini nggak ada DLSS tapi, catatan, ini nggak ada DLSS. Kalau tadi kan si RTX-nya, dia ke bantu DLSS yang sistemnya itu memang nambahin frame rate, kalau ini frame rate nya pure jadi, nggak ada otak-atik software gitu, pure hardware. Sekarang kita cobain versi NVIDIA sebenarnya versi NVIDIA ini, dia lebih mahal ya, dia isinya 3080. 

Bentuknya sih sama persis ya, nggak ada tulisan RTX berapa atau NVIDIA berapa, cuma ada serial number aja sama seri Asus nya berapa, kita harus tahu itu kalau kita cari NVIDIA atau AMD, dia nggak ada sih. Kalau si RTX 3080, dia dapetin average 89 dengan DLSS nya off, jadi nggak ada bantuan software, terus resolusinya lebih, juga sama maksimalnya, grafiknya di Ray Tracing medium, jadi dia lebih tinggi sekitar 10% dari si Radeon ini ya. Ini hasil benchmark ke Read Dead Redemption 2, ini nggak pakai DLSS, pakai 3060 dari laptop, bisa dapat average 51. Kalau misalnya kita pakai DLSS langsung bisa dapat 60, mantap sih walaupun minimum FPS-nya 21 ya jadi, kalau dia lagi nge-drop, dia bisa ke 21 yang kurang enak. Kalau pakai Radeon, dia average-nya malah lebih rendah, cuma minimum FPS-nya dia lebih tinggi daripada si laptopnya. Jadi, itu salah satu cara nilainya sih, kalau misalnya pakai RTX 3080, baru yang paling cakep, dia dapat 64. Kesimpulannya nggak usah pakai kayak ginian. Kalau dari saya mah, kesimpulannya gampang kalau buat Flow X16 ini. Palingan kalau Anda memang batu banget, punya duit lebih gitu, ya saya saranin mending upgrade laptop ya daripada keluarin duit 25 juta ekstra buat dapetin ini. 

Tapi kalau Anda memang punya pemikiran lebih yang punya tujuan tersendiri yang saya nggak ngerti, ya silahkan aja sih. Mungkin Anda pingin laptop Anda kerjanya lebih santai, Anda pingin kipasnya puter di sini semua atau Anda pingin microSD, slot microSD tambahan, karena ini ada slot sendiri, tapi kenapa nggak beli ya, ya beli terpisah aja sih, ini juga ada konektor-konektor ekstra, HDMI, display port, ethernet, tapi sekali lagi, kenapa nggak beli extender dari sini aja kan. Yaudah, intinya laptopnya aja sudah cakep lah. Sistem XG Mobile ini lebih ke warisan dari laptop-laptop kemarin ya, yang Flow X13, dia kan kecil, sistem pendinginnya kecil juga, jadi kalau pakai ini, alangkah bagusnya, apalagi dia ada yang 1650 kan. Ya GTX nya jadi ini bakal jadi tambahan yang bagus banget sama yang tablet ROG kemarin, yang tipis, terus ya tablet, nggak bakal sekencang ini. Ini juga jadi tambahan yang bagus tapi kalau ini, apa ya kelemahannya? Kesimpulan saya buat ROG Flow X16, ya ini laptop cakep banget sih, kalau misalnya Anda punya budget buat beli laptop gaming, 35 juta, ini boleh banget buat dicoba-coba, ini salah satu yang rekomen apalagi isinya kencang, terus nggak panas, layar nya cakep banget, bisa 2 in 1, tipis, enteng, apa ya kurangnya, agak susah sih nyari kurangnya. Bentar, apa ya? Satu, cari satu deh bentar. 

Oh ya paling, dari laptopnya nggak ada microSD aja ya, jadi kalau misalnya Anda content creator, dia nggak bisa dipakai buat pindahin data dari kamera SLR gitu. Ini thunderbolt ada, ethernet juga belum ada. Iya, jadi itu sih, port-portnya yang tebal-tebal, dia nggak ada. USB ada tapi ethernet lebih tebal. Ethernet bisa gepeng ke dalam sih, ya terus dipaksa itunya, ditarik aja.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama